Wisata Religi Makam Bung Karno - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Tuesday 12 December 2017

Wisata Religi Makam Bung Karno



Siapa yang tak kenal dengan bung karno? Beliau dikenal dengan sebutan pahlawan proklamasi dan presiden pertama republic Indonesia. Tokoh yang satu ini menjadi icon kota blitar dikarenakan riwayat beliau saat kecil dengan keluarganya. Ada 5 patung bung karno di kota blitar, jumlah lima patung ini menggambarkan dasar-dasar Negara republic Indonesia yaitu pancasila. Bung karno sendiri memang lahir disurabaya akan tetapi kehidupan masa kecilnyalah yang membuat blitar sebagai kampung halaman beliau. Sehingga kini bung karno dimakamkan di kota blitar bersama kedua orang tuanya.
Makam bung karno terletak di Jl. Candi Surawana No.10, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133 tidak jauh dari pusat pemeritah kota blitar. Sangat lah mudah menemukan tempat yang satu ini apalagi dengan teknologi yang sangat canggih tentunya temen-temen traveler sangat mudah untuk menemukan tempat wisata yang paling terkenal di kota blitar ini. Jika teman-teman dari arah malang, setelah kita masuk wilayah kota blitar tinggal lurus masuk  jalan sodanco supriyadi sekitar 1,5 kilometer belok kanan. Dan jika dari arah Kediri anda bisa lewat pasar legi belok kekiri sampai tiba dimakam bung karno. Untuk akses masuk ke komplek makam kita bisa naik becak dari tempat parkir.
Banyak hal menarik dari tempat wisata yang satu ini,dari wisata sejarah, wisata edukasi hingga misteri yang ada di makam bung karno.sehingga banyak wisatawan yang datang dari wisatawan domestic sampai wisatawan asing. Kebanyakan mereka ingin nyekar, atau berdoa dimakam. tidak tidak hanya itu para wisatawan tidak akan melewatkan untuk mengunjungi museum yang ada di komplek makam.

              


Komplek Makam bung karno  terdiri dari 4 bagian yang bisa dikunjungi. Yang pertama tentunya bangunan joglo dimana bung karno disemayamkan bersama kedua orang tuanya. Yang kedua adalah bangunan museum yang di dalamnya banyak menyimpan benda dan foto bersejarah bung karno. di komplek makam bung karno terdapat juga perputakaan yang menjadi bagian ke tiga bangungunan komlek makam bung karno. di dalam perpustakaan ini terdapat ribuan buku yang dapat meambah wawasan para pengunjung tentunya. Dan yang terakhir adalah komplek pelataran makam ung karno. nah disinilah banyak pedagang yang menawarkan barang daganganya kepada pengunjung.  
Untuk fasilitas wisata para wisatawan tidak usah kuatir, karena banyak penginapan dan jasa transportasi tradisional di area makam bung karno. selain itu jika wisatawan ingin membeli oleh-oleh dan cindera mata, banyak pedagang-pedagang yang berjualan di sepanjang jalan menuju makam bung karno. Oleh-oleh yang bisa didapat antara lain kaos bertema makam bung karno, kerajinan penduduk setempat dan juga jajanan khas blitar tentunya.Banyak sekali jajanan khas blitar yang bisa diperoleh seperti jenang ketan,madumongso,opak gambir,dll.

Untuk itu jika anda melewati wilayah  blitar sempatkanlah untuk mampir di makam bung karno. selalin untuk refresing teman-teman bisa lebih tau tentang sejarah pemimping Indonesia yang pertama ini. Sebagai wujud terimakasih atas perjuangan beliau dalam meraih kemerdekaan bangsa kita.Dijaman sekarang memang tempat wisata yang mengandung sejarah justru sepi peminat dari kalangan pemuda. Padahal dari sejarahlah kita bisa banyak belajar dan lebih mengetahui karakter bangsa kita sendiri. Hanya satu kalimat yang sangat berkesan jika temen-temen mengunjungi makam bung karno. yaitu “jas merah” jangan lupakan sejarah.

1 comment:

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic