keindahan pantai tambak rejo - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Monday 11 December 2017

keindahan pantai tambak rejo

Salah satu wisata yang terkenal di blitar adalah pantai tambakrejo, pantai tambak rejo terletak sekitar 40 kilo meter selatan kota blitar. Tepatnya di desa tambak rejo kecamatan wonotirto kabupaten blitar jawa timur,untuk menuju ke lokasi anda bisa naik angkutan umum atau  ojek online.tambak rejo sendiri adalah pantai paling besar atau salah tempat wisata terpopuler di kabupaten blitar karena tidak kurang 10.000 pengunjung datang setiap minggunya. Harga tiket untuk masuk dikawasan tambakrejo dihitung per kendaraan yang masuk, Rp 10.000 utnuk sepeda motor dan 20.000 untuk mobil
Sebelum masuk untuk mengetahui ada apa saja di pantai ini, saya akan menjelaskan sedikit sejarah tentang tambakrejo. Menurut warga setempat kenapa pantai ini dinamai tambakrejo dikarenakan dahulu pada zaman penjajahan jepang di Indonesia, pihak belanda mempekerjakan paksa para penduduk local untuk membendung laut di pantai tambakrejo. Bendungan yang dalam bahasa jawa disebut tambak,dan seiring perkembangan zaman wilayah ini semakin ramai maka dinamailah pantai ini dengan tambakrejo.

Ditahun 2017 ini pemerintah kabupaten blitar sudah melaksanakan beberapa pembangunan untuk menunjang fasilitas dan akses wisatawan yang datang,jalan menuju tambakrejo sekarang seperti jalanan halnya jalanan kota yang selalu ramai kendaraan yang lalu lalang setiap harinya. Selalin itu masyarakat sekitar pantai juga membangun beberapa fasilitas untuk para wisatawan seperti halnya, toilet umum, tempat istirahat,tempat beribadah, bahkan orang berjualan kini sudah banyak ditambakrejo.   Yang paling terkenal dari tambak rejo sehingga membuat banyak wisatawan yang dating adalah adanya pasar ikan segar disana. Selain itu para pengunjung bisa membeli ikan asap untuk dimakan langsung sambil menikmati pemandangan indah dan angin sejuk dipantai.

Bukan hanya karena keindahanya saja yang membuat pantai ini terkenal tap juga adanya upacara adat setiap tahunya untuk memperingati hari tahun baru hijriah. Sebenarnya ada dua kali upacara adat yang diadakan setiap tahunya pada bulan suro. Yang pertama upacara lelarung dan kirap sesaji pada tanggal awal bulan suro. Sesaji nya berupa hasil bumi dan potongan kepala sapi untuk di larung ke lautan. Menurut keyakinan banyak orang lelarung ini ditujukan untuk penguasa laut selatan yaitu nyi roro kidul dengan harapan tahun berikutnya warga tambakrejo selalu diberikan keselamatan,terhindar dari bencana dan selalu di berikan kemudahan dalam mencari rezeki. Upacara yang kedua adalah petik iwak atau petik ikan dalam bahasa indnesia.petik iwak hampir sama dengan lelarung sesaji perbedaanya kalo lelarung sesaji yang punya hajat seluruh warga tambakrejo kalo pelik ikan hanya para nelayan sekitar tambakrejo.
Ada banyak perlombaan pada saat upacara lelarung dan petik ikan di gelar. Yang paling ditunggu wisatawan adalah lomba balap perahu kecil sampai ketengah lautan. Lomba ini sudah ada sejak zaman dahulu setiap bulan suro. Ada pesan dari lomba ini “adoh o abot to yen menungso trus nggayuh bakal teko”  yang mempunyai makna sejauh-jauhnya, seberat-beratnya apa yang kita tuju, jika kia bertekad dan berusaha maka hal tersebut pasti terwujud.
Di zaman ini banyak orang yang belum mengerti apa sebenarnya makna dari upacara yang di adakan ditambakrejo. Dengan perbedaan keyakinan dan belum mencari tau kebenaran apa makna dari upacara adat ini. Upaca lelarung dan petik ikan sendiri memang bermaksud mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta yaitu Tuhan yang telah memberikan alam untuk kehidupan warga tambakrejo. Dikarenakan dalam legenda jawa dulu dilaut selatan dipercaya terdapat penguasa yang bernama nyi roro kidul maka banyak yang menyakut pautkan hal tersebut.

Ingin lebih tau lebih lanjut mengenai pantai tambakrejo?????? Silahkan berkunjung sendiri ya hehehe..

1 comment:

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic