Sensor SHT11 suhu dan kelembaban - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Thursday 30 March 2017

Sensor SHT11 suhu dan kelembaban



SHT-11 adalah chip tunggal kelembaban relatif dan multi sensor suhu yang terdiri dari modul yang dikalibrasi keluaran digital. Pada pengukuran suhu data yang dihasilkan 14 bit sedangkan untuk kelembaban data yang dihasilkan 12 bit. Keluaran dari SHT11 adalah digital sehingga untuk mengaksesnya diperlukan pemrograman dan tidak diperlukan pengkondisi sinyal atau ADC.
SHT 11 membutuhkan supply tegangan 2.4 dan 5.5 V. SCK (Serial Clock Input) digunakan untuk mensinkronkan komunikasi antara mikrokontroler dengan SHT 11. DATA digunakan untuk transfer data dari dan ke SHT 11.

Prinsip Kerja Sensor
SHT 11 adalah sebuah single chip sensor suhu dan kelembaban relatif dengan multi modul sensor yang output-nya telah dikalibrasi secara digital. Di bagian dalamnya terdapat kapasitas polimer sebagai elemen untuk sensor kelembaban relatif dan sebuah pita regangan yang digunakan sebagai sensor temperatur. Output kedua sensor digabungkan dan dihubungkan pada ADC 14 bit dan sebuah interface serial pada satu chip yang sama. Sensor ini mengahasilkan sinyal keluaran yang baik dengan waktu respon SHT11 yang cepat. SHT11 ini dikalibrasi dengan kelembaban yang teliti menggunakan hygrometer sebagai referensinya. Koefisien kalibrasinya telah diprogramkan kedalam memori. Koefisien tersebut digunakan untuk mengkalibrasi keluaran dari sensor selama proses pengukuran.

Sistem sensor yang digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaban adalah SHT11 dengan sumber tegangan 5 Volt dan komunikasi bidirectonal 2-wire. Sistem sensor ini mempunyai 1 jalur data yang digunakan untuk perintah pengalamatan dan pembacaan data. Pengambilan data untuk masing-masing pengukuran dilakukan dengan memberikan perintah pengalamatan oleh mikrokontroler. Kaki serial Data yang terhubung dengan mikrokontroler memberikan perintah pengalamatan pada pin Data SHT11 “00000101” untuk mengukur kelembaban relatif dan “00000011” untuk pengukuran temperatur. SHT11 memberikan keluaran data kelembaban dan temperatur pada pin Data secara bergantian sesuai dengan clock yang diberikan mikrokontroler agar sensor dapat bekerja. Sensor SHT11 memiliki ADC (Analog to Digital Converter) di dalamnya sehingga keluaran data SHT11 sudah terkonversi dalam bentuk data digital dan tidak memerlukan ADC eksternal dalam pengolahan data pada mikrokontroler.
dibandingkan dengan sensor suhu yang terdahulu seperti sensor suhu dan kelembabpan DHT 11 dan DHT 22, sensor SHT 11 mempunyai kepekaan dan resistansi yang lebih baik. sensor ini sangat cocok sebagai komponen dalam membuat alat yang membutuhkan sensor suhu dan kelembabpan. seperti halnya alat pengontrol suhu dan kelembapan jamur tiram yang dapa memonitoring kondisi suhu dan kelembabpan lokasi jamur tiram.
walaupun ada sedikit kendala mengenai sensor ini yaitu masih jarang dijual dipasaran.. rata-rata setiap toko banyak menjual sensor suhu dan kelembabpan DHT11 dan DHT22

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic