sensor suhu dan kelembabpan DHT 11 - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Wednesday 22 March 2017

sensor suhu dan kelembabpan DHT 11

DHT-11 adalah chip tunggal kelembaban  relatif dan multi sensor suhu yang terdiri dari modul yang dikalibrasi keluaran digital. Pada pengukuran suhu data yang dihasilkan 14 bit, sedangkan untuk kelembaban data yang dihasilkan 12 bit.   Keluaran   dari   DHT-11   adalah   digital   sehingga   untuk   mengaksesnya diperlukan  pemrograman  dan  tidak  diperlukan  pengkondisi  sinyal  atau  ADC . DHT  memiliki  banyak  varian,  salah  satunya  yaitu  DHT22  (AM2302)  dengan bentuk fisik seperti pada gambar 2.7.


Gambar 2.7. Sensor DHT-11


Sensor DHT-11 dipilih daripada sensor DHT-11 karena memiliki range pengukuran  yang luas yaitu 0 sampai 100% untuk kelembaban  dan -40 derajat celcius   sampai   125  derajat   celcius   untuk   suhu.   Sensor   ini  juga   memiliki output digital (single-bus) dengan akurasi yang tinggi. Sebagai reaksi dari sensor ini, saya menggunakan fan DC yang akan berputar ketika level kelembaban mencapai  60% atau ketika suhu lebih dari 40 derajat  celcius,  tetapi kita dapat mengganti nilainya pada sketchnya. DHT-22 membutuhkan supply tegangan 2.4 dan 5.5 V. SCK (Serial Clock Input) digunakan untuk mensinkronkan komunikasi antara mikrokontroler dengan DHT-22, kemudian digunakan untuk transfer  data dari dan ke DHT-22 .
DHT-11 adalah sebuah single chip sensor suhu dan kelembaban relatif dengan multi modul sensor yang output-nya telah dikalibrasi secara digital. Pada bagian  dalam  sensor  tersebut  terdapat  kapasitas  polimer  sebagai  elemen  untuk sensor  kelembaban  relatif  dan  sebuah  pita  regangan  yang  digunakan  sebagai sensor temperatur. Output kedua sensor digabungkan dan dihubungkan pada ADC 14 bit dan sebuah interface serial pada satu chip yang sama. Sensor ini mengahasilkan  sinyal  keluaran  yang  baik  dengan  waktu  respon  DHT-22  yang cepat. DHT-22 ini dikalibrasi dengan kelembaban yang teliti menggunakan hygrometer   sebagai  referensinya.   Koefisien   kalibrasinya   telah  diprogramkan kedalam memori. Koefisien tersebut digunakan untuk mengkalibrasi keluaran dari sensor selama proses pengukuran.

Sistem  sensor  yang digunakan  untuk  mengukur  suhu  dan kelembaban adalah DHT-11 dengan sumber tegangan 5 Volt dan komunikasi bidirectonal  2- wire. Sistem sensor ini mempunyai 1 jalur data yang digunakan untuk perintah pengalamatan dan pembacaan data. Pengambilan data untuk masing-masing pengukuran dilakukan dengan memberikan perintah pengalamatan oleh mikrokontroler. Kaki serial Data yang terhubung dengan mikrokontroler memberikan  perintah  pengalamatan  pada  pin Data  DHT-22  “00000101”  untuk mengukur  kelembaban  relatif  dan  “00000011”  untuk  pengukuran  temperatur. DHT-22  memberikan  keluaran  data kelembaban  dan temperatur  pada pin Data secara bergantian sesuai dengan clock yang diberikan mikrokontroler agar sensor dapat bekerja. Sensor DHT-22 memiliki ADC (Analog to Digital  Converter)  di dalamnya sehingga keluaran data DHT-22 sudah terkonversi dalam bentuk data digital dan tidak memerlukan ADC eksternal dalam pengolahan data pada mikrokontroler.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic