LCD 12 X 2 - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Wednesday 22 March 2017

LCD 12 X 2

Liquid Crystal  Display adalah modul tampilan berkonsumsi  daya yang relative rendah dan terdapat sebuah controller CMOS didalamnya . Seperti gambar 2.4 yang menunjukkan sebuah modul LCD untuk tipe LCD 2x16 yaitu LCD dengan 2 baris dan 16 kolom.




Gambar 2.5.LCD



Converter Board ini, diperlukan jumlah pin yang cukup banyak mengendalikan layar LCD ini (4 pin data pada moda 4-bit / 8-pin data pada moda 8-bit + 1 pin RS + opsional 1 pin untuk R/W + 1 pin Enable, di luar pin untuk mengendalikan  lampu latar).  Pada mikrokontroler  / development board  dengan jumlah pin terbatas (seperti pada Arduino Uno). Hal ini menjadi masalah karena pin yang tersedia banyak digunakan untuk tampilan, sehingga pada jumlah modul yang banyak (berbagai macam sensor) pin yang tersedia habis digunakan. Dengan tambahan  board  I2C  converter  yang  menggunakan  2  pin  atau  menggunakan modul  berbasis  I2C  lainnya,  praktis  tidak  ada  pin  tambahan  yang  diperlukan karena peralatan  I2C dapat disambungkan  dengan pin I2C yang sudah tersedia (shared  bus pins). Tingkat kontras dapat diatur dengan memutar potensiometer (komponen  elektronika  yang  berwarna  biru),  dengan  memutar  potensiometer searah jarum jam dapat berfungsi untuk meningkatkan kontras, jika potensiometer diputar ke arah sebaliknya, maka berfungsi untuk untuk mengurangi kontras.

 Memori yang digunakan microcontroler internal LCD adalah :
1.         DDRAM (Display Data Random Access Memory) merupakan memori tempat karakter yang akan ditampilkan berada.
Contoh, untuk karakter ‘A’ atau 41H yang ditulis pada alamat 00, maka karakter tersebut akan tampil pada baris perta dan kolom pertama dari LCD. Apabila karakter tersebut ditulis di alamat 40, maka karakter tersebut akan tampil pada baris kedua kolom pertama dari LCD.

2.          CGRAM (Character Generator Random Access Memory) merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana bentuk dari karakter dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan.
3.         CGROM (Character Generator Read Only Memory) merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana pola tersebut merupakan karakter dasar yang sudah ditentukan secara permanen oleh pabrikan pembuat LCD tersebut sehingga pengguna tinggal mangambilnya sesuai alamat memorinya dan tidak dapat merubah karakter dasar yang ada dalam CGROM.
4.         Register control yang terdapat dalam suatu LCD diantaranya adalah:
1.    Register perintah yaitu register yang berisi perintah-perintah dari mikrokontroler ke panel LCD pada saat proses penulisan data atau tempat status dari panel LCD dapat dibaca pada saat pembacaan data.
2.     Register data yaitu register untuk menuliskan atau membaca data dari atau keDDRAM. Penulisan data pada register akan menempatkan data tersebut keDDRAM sesuai dengan alamat yang telah diatur sebelumnya.
5.         Pin, kaki atau jalur input dan kontrol dalam suatu LCD diantaranya adalah :
1.             Pin data adalah jalur untuk memberikan data karakter yang ingin ditampilkan menggunakan LCD dapat dihubungkan dengan bus data dari rangkaian lain seperti mikrokontroler dengan lebar data 8 bit.
2.              Pin RS (Register Select) berfungsi sebagai indikator atau yang menentukan jenis data yang masuk, apakah data atau perintah. Logika low menunjukan yang masuk adalah perintah, sedangkan logika high menunjukan data.
3.              Pin R/W (Read Write) berfungsi sebagai instruksi pada modul jika low tulis data, sedangkan high baca data.
4.             Pin E (Enable) digunakan untuk memegang data baik masuk atau keluar.

5.             Pin VLCD berfungsi mengatur kecerahan tampilan (kontras) dimana pin ini dihubungkan dengan trimpot 5 Kohm, jika tidak digunakan dihubungkan ke ground, sedangkan tegangan catu daya ke LCD sebesar 5Volt.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic