Misteri Dan Keindahan Goa Mbultuk Kec. Bakung - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Sunday 17 December 2017

Misteri Dan Keindahan Goa Mbultuk Kec. Bakung


Masih di wilayah yang sama tidak jauh dari pantai pangi,terdapat tempat wisata yang tak  kalah unik dan penuh serjarah. Tempat wisata yang satu ini terletak di desa tumpak kepuh kecamatan bakung kabupaten blitar bagian selatan. Goa ala mini bukan hanya mempunyai keindahan didalamnya tapi juga memiliki nilai sejarah dan aroma mistis didalamnya. Goa yang memiliki panjang hingga 1,5 km ini di buka untuk wisata sejarah pada zaman pemerintahan presiden republic yang kedua H. muhamad soeharto. Apa saja cerita yang dimiliki oleh goa ini sehingga sering kali digunakan TNI untuk expedisi.
Goa mbultuk adalah salah satu goa yang terkenal di blitar bahkan pada saat saya diluar kota dan memberitahu alamat saya banyak yang menanyakan tentang goa ini. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat khususnya blitar selatan  goa ini terbentuk memang dari proses alam dan pada zaman dahulu goa mbultuk menjadi persembunyian anggota PKI (partai komunis Indonesia). Pada saat itu banyak warga sekitar yang menjadi korban gerakan G-30S PKI. bahkan menurut kesaksian warga sekitar pernah juga goa ini digunakan untuk pembuangan mayat penduduk sekitar yang tidak mau bergabung dengan PKI.ada yang bilang kerena peristiwa tersebut goa mbultuk menjadi wingit atau angker.
Karena goa ini memiliki nilai sejarah sampai saat ini goa ini dirawat dan untuk mengenang peristiwa tersebut sering TNI mengadakan upacara ataupun expedisi di goa mbultuk. Saya pernah 1 kali masuk ke dalam goa. pintu masuk goa mbultuk memang sangat kecil, ukuranya hanya sekitar ukuran manusia dewasa, Akan tetapi di dalam goa sangat luas dan membuat saya merinding. Air mengalir dari mulut goa hingga masuk kedalam yang belum ada yang tau sampai kemana ujung goa mbultuk. dalam goa mbultuk banyak sekali terdapat pintu bercabang  belum ada yang berani untuk menelusurinya.




Selain bentuk goa yang unik, terdapat keunikan lain dari goa satu ini yaitu sering kali digunakan orang untuk bertapa sehingga tempat ini dinilai sangat mistis. Tidak bisa sembarang jika berada di tempat ini kita harus menjaga perkataan dan prilaku.menurut keterangan warga setempat  Pernah 1 kali ada orang yang masuk kedalam goad an tak bisa kembali. Entah itu  karena mistis atau pun murni karena kecelakaan, semua tergantung diri kita masing-masing. Bukan hanya Faktor tempat dan alam, tapi diri kita sendiri pengaruhnya. Jangan menyalahkan tempat dan alam, justru manusia lah yang harus bersyukur masih bisa melihat kekayaan alam indonesia
Sayang nya goa mbultuk sampai saat ini sepi pengunjung, walaupun akses jalan menuju goa sangatlah mudah tidak membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mngunjunginya. Harga tiket masuk wisata goa mbultuk hanya Rp. 2.000, dan terkadang gratis. Dikarenakan sepi peminat untuk berkunjung ke goa mbultuk, pengelola goa memilih untuk bekerja pekerjaan lain Padahal goa yang satu ini banyak menyimpan sejarah bangsa Indonesia khususnya warga blitar selatan. Kurangnya kesadaran kita akan sejarah membuat tempat-tempat wisata yang mengandung nilai sejarah kurang begitu banyak peminatnya. wisatawan zaman sekarang lebih memilih wisata modern dan  lebih mementingkan keindahan dari tempat wisata tersebut. Dan tidak mau untuk lebih tau untuk menambah wawasan wisata-wisata yang mengandung nilai sejarah yang salah satunya goa mbultuk.


1 comment:

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic