pengertian arduino board - blitar jaya

Hot

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic

Thursday 16 March 2017

pengertian arduino board



Arduino adalah merupakan sebuah board minimum system mikrokontroler yang bersifat open source.Didalam rangkaian board arduino terdapat   mikrokontroler AVR seri ATMega 328 yang merupakan produk dari Atmel. (Djuandi,F, 2011)
Arduino memiliki kelebihan tersendiri dibanding board mikrokontroler yang lain selain bersifat open source, arduino juga mempunyai bahasa pemrogramanya sendiri yang berupa bahasa C. Selain itu dalam board arduino sendiri sudah terdapat loader yang berupa USB sehingga memudahkan kita ketika kita memprogram mikrokontroler didalam arduino. Sedangkan pada kebanyakan board mikrokontroler yang lain yang masih membutuhkan rangkaian loader terpisah untuk memasukkan program ketika kita memprogram mikrokontroler. Port USB tersebut selain untuk loader ketika memprogram, bisa juga difungsikan sebagai port komunikasi serial.
Arduino menyediakan 20 pin I/O, yang terdiri dari 6 pin input analog dan 14 pin digital input/output. Untuk 6 pin analog sendiri bisa juga difungsikan sebagai output digital jika diperlukan output digital tambahan selain 14 pin yang sudah tersedia. Untuk mengubah pin analog menjadi digital cukup mengubah konfigurasi pin pada program. Dalam board kita bisa lihat pin digital diberi keterangan 0-13, jadi untuk menggunakan pin analog menjadi output digital, pin analog yang pada keterangan board 0-5 kita ubah menjadi pin 14-19 dengan kata lain pin analog 0-5 berfungsi juga sebagi pin output digital 14-16.
Sifat open source arduino juga banyak memberikan keuntungan tersendiri untuk kita dalam menggunakan board ini, karena dengan sifat open source komponen yang kita pakai tidak hanya tergantung pada satu merk, namun memungkinkan kita bisa memakai semua komponen yang ada dipasaran.Bahasa pemrograman arduino merupakan bahasa C yang sudah disederhanakan syntax bahasa pemrogramannya sehingga mempermudah kita dalam mempelajari dan mendalami mikrokontroller.

a. 14 pin input/output digital (0-13)
Berfungsi sebagai input atau output dan dapat diatur oleh program.Khusus untuk 6 buah pin 3, 5, 6, 9, 10 dan 11 juga berfungsi sebagai pin analog outputdimana tegangan output-nya dapat diatur. Nilai sebuah pin output analog dapat diprogram antara 0 – 255, dimana hal itu mewakili nilai tegangan 0 – 5V.
b. Komunikasi
Arduino Uno memiliki sejumlah fasilitas untuk berkomunikasi dengan komputer. ATmega328 ini menyediakan UARTTTL(5V) komunikasi serial, yang tersedia pada pin digital 0(RX) dan 1(TX). Firmware Arduino menggunakan USB driver standar COM, dan tidak ada driver eksternal yang dibutuhkan. Namun pada Windows, file inidiperlukan. Perangkat lunak Arduino termasuk monitor serial yang memungkinkan data sederhana yang dikirim ke board Arduino. RX dan TXLED pada board akan berkedip ketika data sedang dikirim melalui chipUSB- to-serial dan koneksi USB ke komputer (Djuandi, F, 2011).
c. SoftwareArduino
Sekalipun sebuah papan Arduino dapat bekerja dengan mendapat daya dari sebuah komputer namun hal itu tidak berarti dapat berkomunikasi dengan komputer tersebut. Untuk memastikan Arduino telah terpasang dengan benar dan dapat berkomuniasi dengan interaktif, maka perlu diuji. Arduino Uno dapat diprogram dengan perangkat lunak atau software. Gambar 4 merupakan icon software dari Arduino Uno.

IDE Arduino adalah software yang sangat canggih menggunakan Java. IDE Arduino terdiri dari:
1. Editor program, sebuah window yang memungkinkan pengguna menulis dan mengedit program dalam bahasa Processing.
2. Compiler, sebuah modul yang mengubah kode program (bahasa Processing) menjadi kode biner. Bagaimanapun sebuah mikrokontroller tidak bisa memahami Bahasa Processing yang bisa dipahami oleh mikrokontroller adalah kode biner.Itulah sebabnya compiler diperlukan dalam hal ini.
3. Uploader, sebuah modul yang memuat kode biner dari komputer ke dalam memory didalam papan Arduino.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Image and video hosting by TinyPic